Belajar Internet Marketing bersama Anne Ahira, Asian Brain IMC

Bisnis Pulsa, Modal GRATIS, Hasil FANTASTIS, Bonos Romantis

Top scorers Dynasis (Maret 2009) yang bonus bulanannya sudah diatas Rp. 100.000,-

PayPalBisnis.com Ratusan Dollar/Bulan dengan Mudah.

Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang di Internet, Terungkap di SMUO

Selamat datang di MuslimPromo.Com

Kamis, 26 Februari 2009

Memilih Nama Domain/Subdomain yang Menjual

Domain adalah nama alamat toko online kita di internet dengan akhiran .com, .org, .net dll. Untuk memperoleh nama domain kita bisa membelinya di IndoWebsite
harga yang variatif antara 99 ribu sampe 200 ribu tergantung akhirannya. Sementara subdomain adalah nama alamat toko online kita yang berada di bawah domain kita atau orang lain. Untuk mendapatkan nama subdomain sangatlah mudah. Banyak penyedia jasa di internet yang menawarkan layanan subdoman gratis, seperti blogspot.com.

Ingat, nama domain/subdomain itu mencerminkan kepribadian toko online kita. Jadi, jangan hanya asal cari nama yang penting jadi. Ada ungkapan yang kerap kali didengar "Apalah artinya sebuah nama? Yang pentingkan orangnya." Lalu saya jawab, "Apalah artinya orang? Kalau namanya adalah binatang." Pahamkan maksudku? Jadi hubungan antara nama dengan objek itu adalah satu kesatuan tidak bisa dipisahkan dan dibeda-bedakan.

Bicara soal nama, tentunya kita pingin dong punya nama domain/subdomain yang bagus, yang mencerminkan toko online kita. Kalau perlu kita mesti minta ahli hongshui untuk mencarikannya. Siapa tahu membawa berkah dan keuntungan. Tapi kalo menurut para pakar bisnis internet, apapun nama toko online kita, yang penting nama tersebut bagus dimata mesin pencari (search engines-friendly) dan bagus juga dimata yang nyari.

Sesuai dengan Isi

Nama dibuat untuk memberikan identifas kepada objek yang baru (belum/tidak dikenal). Untuk itulah carilah nama domain/subdomain toko online kita sesuai dengan core bisnis kita. Jika kita konsen dalam hal penjualan buku maka carilah nama yang dekat dengan dunia buku, seperti buku, kutubuku, duniabuku, belibuku, bukuku, bukumurah, mybook, dll.

Pengelompokan Numerik dan Alfabetik

Pada dasarnya nama domain/subdomain toko online kita merupakan rangkaian susunan angka 0 dan 1. Karena kita sebagai manusia yang sulit sekali menghafal rangkaian angka 0 dan 1, maka diciptakanlah pengonfersi anka tersebut menjadi sebuah huruf. Rangkaian huruf yang membentuk sebuah kata dapat dengan cepat kita ingat. Pun demikian, sebuah sistem indeks komputer internet akan mengelompokkan antara angka dan huruf. Maksudnya, nama domain/subdomain yang awalannya angka akan lebih cepat dicari daripada yang awalannya huruf. Dan yang berawalan 0 akan lebih cepat daripada angka 9, begitujuga huruf yang yang berawalan a akan lebih cepat daripada huruf z. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih domain/subdomain jika memungkinkan. Karena jika dipaksakan akan membuat toko online kita menjadi tidak sesuai.

Yang paling perlu diperhatikan adalah penggunaan angka 0 (nol) dan huruf o (o). Karena antara angka 0 dan huruf o sulit untuk dibedakan. Masak hanya gara-gara angka/huruf 0, kita mesti kehilangan traffik.

Keyword Populer

Keyword adalah kata-kata kunci untuk mendongkrak traffik toko online kita. Keyword sendiri berasal dari hasil survey yang dilakukan mesin pencari terhadap kata-kata yang kerap kali digunakan netter untuk menggali informasi di internet. Banyaknya kata yang dicari menunjukkan tingkat popularitas kata tersebut. Jika penggunaan keyword populer menjadi nama domain/subdomain kita. Ditambah dengan kwalitas konten toko online kita yang banyak mengandung kata tersebut, maka rekan-rekan akan mendapatkan penempatan urutan yang strategis di mesin pencari, seperti yahoo!. So, pilihlah nama domain/subdomain dengan menggunakan keyword populer.

Pendek dan Simpel

Nama domain/subdomain alangkah baiknya pendek dan simpel. Sehingga memudahkan orang lain mengeja, mengetik, mengucapkan dan menghafal nama alamat toko online kita. Hindari juga penggunaan tanda strip ( - ) atau garis bawah ( _ ). Ada satu hal yang boleh dipertimbangkan adalah menyingkat nama atau angka, sehingga menjadi lebih trendi dan nich (menarik). Seperti, angka 2 diganti "to", dan angka 4 diganti "for". Tetapi saran yang terakhir ini perlu dipertimbankan lagi, jangan sampe hanya ingin tampil trendi kita mesti mengorbankan traffik toko online kita. Kalau memang dananya ada, rekan-rekan bisa beli 2 domain sekaligus, seperti 2checkout.com dan twocheckout.com.

Oleh : Akhmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar